Latest News

istilah dalam investasi
04 June 2023

20 Istilah dalam Investasi yang Wajib Anda Ketahui

Sebagai investor pemula, Anda wajib mengetahui istilah dalam investasi, agar lebih mudah dalam mengambil tindakan dan meminimalisasi kerugian. Sebab, ada banyak sekali istilah investasi yang mungkin asing di telinga Anda. Apa saja istilah dalam investasi saham ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Istilah Umum dalam Investasi

image_8e8b1dea3c.png

Penting sekali mengetahui istilah-istilah investasi agar investor pemula bisa lekas tanggap menghadapi semua issue dalam berinvestasi.

Berikut beberapa istilah dalam saham yang umumnya dipakai sehingga memudahkan Anda belajar tentang investasi. 

Akuisisi

Menurut KBBI, definisi akuisisi adalah pengambilalihan hak milik sebuah perusahaan dengan cara membeli lebih dari 50% saham perusahaan. [1]

Auto Reject

Auto Reject merupakan istilah yang berkaitan batas minimum atau maksimum yang berkaitan dengan kenaikan atau penurunan nilai saham dalam satu hari di bursa efek. 

Bursa efek akan otomatis menolak orderan jika sudah menembus batas atas atau bawah yang telah ditetapkan oleh BEI. 

Annual Report

Istilah saham dalam bahasa Inggris yang perlu Anda ketahui adalah annual report atau laporan resmi tentang keuangan emiten selama jangka waktu setahun. Laporan tahunan ini menjadi bahan untuk menganalisis kondisi keuangan perusahaan, termasuk membuat perencanaan masa depan. [2]

Emiten

Istilah emiten cukup populer di antara para investor serta pasar modal. Emiten merupakan pihak yang menawarkan efek kepada masyarakat berdasar aturan perundangan yang berlaku. Pihak emiten dapat berasal secara perseorangan atau perusahaan. 

Asset

Salah satu istilah fundamental saham yang juga populer adalah asset. Asset merupakan harta yang emiten kuasai, misalnya bangunan, properti, dan lainnya. 

Bearish

Istilah dalam trading saham lainnya adalah bearish. Bearish merupakan suatu kondisi market di mana terjadi penurunan harga aset 20%, bahkan lebih, dalam kurun waktu lama. [3] Ciri market bearish adalah terjadi peningkatan penjualan, sedangkan pembelian menurun. Kondisi ini bisa menyebabkan penurunan harga saham secara signifikan. 

Bullish

Berbanding terbalik dengan kondisi bearish, bullish merupakan suatu kondisi pasar yang mengalami kenaikan, sehingga banyak para pemegang saham melakukan pembelian. Dengan begitu, harga saham pun mengalami kenaikan. 

Portofolio Investasi 

Istilah umum dalam dunia saham selanjutnya adalah portofolio investasi. Portofolio investasi merupakan gabungan dari beberapa instrumen investasi. Hal inilah yang menjadi bukti investor telah berinvestasi di mana saja. 

Capital Gain

Capital gain adalah keuntungan yang akan investor dapatkan. Caranya adalah dengan menganalisis selisih harga jual dan harga beli sebuah asset. [4]

Return

Return adalah istilah dalam trading yang berkaitan dengan perolehan hasil selama investasi, baik keuntungan maupun kerugian. Untuk mengetahui return, Anda bisa menghitung nilai penjualan dan nilai pada saat pembelian.

Cut Loss

Cut Loss adalah sebuah istilah dalam investasi yang digunakan untuk saat investor melakukan penjualan saham dengan harga lebih rendah daripada saat membelinya. Meski terlihat merugi, namun investor melakukan cut loss untuk mencegah terjadinya kerugian besar karena harga saham terus menurun. 

Buy Back

Salah satu istilah yang perlu Anda ketahui dalam dunia saham adalah buy back. Ini merupakan istilah yang menggambarkan kondisi perusahaan membeli saham perusahaannya sendiri yang beredar di publik. 

Equity

Pada dasarnya equity merupakan hal yang mewakili kepemilikan atas suatu hal. Namun dalam dunia saham, equity merupakan klaim kepemilikan yang sudah tercatat dari pemegang saham. [5]

Dividen

Dividen merupakan laba yang diterima oleh pemegang saham secara rutin sesuai dengan keuntungan. 

Dividend Payout Ratio

Sementara dividend payout ratio adalah besar persentase hasil laba yang dibayarkan sebagai dividen kas. 

IPO

Initial Public Offering (IPO) merupakan penawaran yang emiten lakukan saat pertama kali hadir dalam pasar saham. [6]

Kustodian

Istilah yang populer dalam dunia trading adalah kustodian. Kustodian merupakan pihak institusi keuangan yang memberikan jasa menampung efek agar tidak hilang. Bank kustodian mempunyai peranan menjaga aset keuangan Anda agar tetap aman. 

Lot

Lot merupakan ukuran jumlah unit yang diperjualbelikan dalam pasar modal maupun bursa saham. 

Manajer Investasi

Manajer investasi adalah pihak yang mengatur serta mengelola portofolio efek para investor. 

Broker

Perusahaan sekuritas merupakan pihak yang menjadi perantara antara investor dan pasar modal untuk melakukan jual beli saham. 

Demikianlah 20 istilah dalam investasi yang bisa membantu Anda memahami lebih detail tentang investasi saham. 

logo footer
Bridging the Future
Contact
Office 8 Building 18th A Floor SCBD
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53 Senayan
Kabayoran Baru, Jakarta Selatan
DKI Jakarta Indonesia 12190
info@akasiacapital.co.id
+62 8211 170 5400
© Copyright 2024 by DMKI